kupu-kupu

Kamis, 21 Maret 2013

Tugas Dasar Pemasaran (Penagamatan Usaha dalam Pemasaran)

BAKSO JOOS

Tempat makan ini terletak di daerah margahayu bekasi timur, di perumahan meskipun letaknya tidak dipinggir jalan namun tempat makan ini ramai di kunjungu banyak pengunjung, dan tidak sepi. karena banyak pengunjung yang mengetahui tempat ini dari mulut ke mulut maupun dari kerabat ataupun saudaranya.

Kekuatan :
1.       Menjual bakso yang lain dari penjual bakso yang lainnya.
2.       Mempunyai cita rasa yang khas sehingga pengunjung ramai dan tidak bosan.
3.       Harganya yang masih relative terjangkau sehingga banyak anak sekolah juga yang datang ketempat ini.
4.       Banyak menu juga yang tersedia di tempat makan ini sehingga pengunjung tidak jenuh dengan makanan yang ditawarkan.
5.       Menerima layanan pemesanan juga sehingga pengunjung-pengunjungnya bisa memesan bakso di tempat ini baik untuk acara khusus pribadi ataupun yang lainnya.

Kelemahan :
1.       Karena letak nya yang berada di tengah perumahan membuat rumah makan ini tidak terlihat oleh bnyak pasang mata yang lewat.
2.       Mempunyai parkiran yang kurang mencukupi apabila pengujungnya sedang ramai sebab karena letaknya yang terlalu dekat dengan rumah-rumah lainnya yang berada disekitarnya.
3.       Tenaga kerjanya yang masih sedikit, sehingga membuat pengunjung harus menunggu lama untuk makan.
4.       Ketersediaan tempan yang kurang begitu luas dan meja kursi untuk makan yang masih relative sedikit ketersediaannya, karena barada di rumah pribadi sehingga terkadang banyak pengunjung yang lama manunggu bahkan banyak juga yang tidak jadi makan disana karena ramai.
5.       Karena tempatnya tidak begitu strategis maka tidak begitu banyak juga yang mengetahui tempat makan ini,

Factor yang berpengaruh :
1.       Naiknya harga barang yang mahal saat ini juga mempengaruhi tempat makan bakso joos ini, sehingga sebisa mungkin meminimalisasi penggunaan bawang agar tidak mengalami kerugian.
2.       Banyaknya tempat makan bakso yang saat ini sudah ada juga sangat mempengaruhi, karena banyaknya pesaing di lingkungan sekitar.
3.       Karena tempat di perumahan ini sering terjadi banjir maka banjir juga menjadi factor penting juga yang mempengaruhi tempat makan ini karena apabila terjadi banjir maka mau tidak mau yaa harus tutup karena tempatnya juga yang tidak memungkinkan apabila terjadi banjir,
4.       Tata ruang yang tidak terlalu luas untuk parkir karena berada berdekatan dengan rumah warga yang lainnya sehingga terkadang kehabisan tempat untuk parkir kendaraannya, karena tidak enak apabila memakai depan rumah orang untuk parkir.
5.       Harga cabai apabila mengalami kenaikan juga sangat mempengaruhi, karena cabai merupakan bahan utama dalam pembuatan bakso joos ini, sehingga tidak bisa dipungkiri pun harganya juga mengalami kenaikan. Meskipun kenaikannya tidak terlalu tinggi.

Factor yang tidak berpengaruh :
1.       Cuaca yang buruk tidak berpengaruh pada usaha ini, karena pada usaha ini tidak memerlukan signal yang baik seperti halnya warnet yang terkadang cuaca menjadi masalah utama yang berpengaruh.
2.       Padamnya listrik juga tidak berpengaruh pada usaha ini karena dalam usaha makanan ini tidak membutuhkan listrik dalam penyajian makanannya, walaupun ada mungkin hanya sebagai penyejuk dalam ruangan saja yang tidak begitu berpengaruh.
3.       Banyaknya toko-toko yang muncul disekitarnya selama bukan mengenai makanan juga tidak berpengaruh bagi usaha ini.
4.       Naiknya harga bahan pangan lain selama itu bukan merupakan bahan utama untuk usaha ini juga tidak berpengaruh.
5.       Demo yang terjadi pada setiap perusaan lain juga tidak berpengaruh pada usaha ini, karena tidak ada hubungannya.



Nama Kelompok : 
  1. Tuti Puspitasari (27212500)
  2. Eiva Kappelia (22212392) 

kelas : 1EB24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar